Tata Cara Akikah Sesuai Sunnah

Siapapun yang menjalankan ibadah secara umum atau akikah secara khusus pasti mengharapkan ibadah atau akikahnya diterima Allah subhanahu wa ta'ala, dari sisi ia diberikan Allah pahala yang besar, dan tidak digugurkan pahalanya hingga ia menemui Allah di hari kiamat. Dengan pendekatan ibadah seperti ini maka siapapun pantas untuk mengetahui bagaimana tata acara akikah sesuai sunnah.

Mari baca secara perlahan-lahan, cerna baik-baik apa makna kata demi katanya.

Kalimat tata cara akikah maka mengeluarkan ibadah selain akikah. Jadi akikah ini tentu bukan puasa, bukan juga sholat, bukan haji atau yang lainnya.

Kalimat sesuai sunnah maka mengeluarkan tata cara akikah yang tidak sesuai sunnah.

Allah menyebutkan di dalam Kalam-Nya pada surat Al-Kahfi ayat 110:

“Sesunggunya Sesembahan kalian adalah sesembahan yang esa, barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Robbnya maka hendaklah ia beramal ibadah dengan amalan yang sholeh dan tidak menyekutukan Robbnya dalam amal ibadahnya dengan suatu apapun“.(QS : Al Kahfi: 110).

Ibnu Katsir memberikan tafsir atas ayat ini dengan: "Agar orang-orang beribadah dengan sesuai petunjuk Rasulullah, dan tidak menjadikan siapapun sebagai sekutu Allah didalam ibadahnya itu"

Kemudian Allah juga menyebutkan di dalam Kalam-Nya yang suci, surat Al-Mulk ayat 2:

“Dzat Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amal ibadahnya”.(QS : Al Mulk: 2)

Fudhoil bin 'Iyadh menyebutkan bahwa makna "baik amal ibadahnya" adalah paling benarnya dan paling ikhlasnya. Makna paling benar adalah paling sesuai dengan petunjuk Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Oleh karena itu tidak terbantahkan ibadah harus sesuai petunjuk nabi dan harus ikhlas yaitu tidak ada kotoran kesyirikan di dalamnya.

Kemudian, Alhamdulillah akikah adalah ibadah yang sangat gamblang dijelaskan oleh Nabi. Hadits yang menyebutkan akikah, di dalam hadits itu sudah ada keterangan tata cara menunaikan akikah sesuai sunnah. Di hadits tentang akikah alhamdulillah terang dijelaskan tata cara akikah sesuai sunnah:

Demikian mudahnya pelaksanaan akikah, tidak disebutkan acara walimahan, atau pesta ini itu, atau undang dia dan dia, atau lainnya yang mungkin bagi sebagian orang bisa memberatkan. Akan tetapi jika ingin dibikin acara makan-makan, mengundang saudara, tetangga, kaum fakir miskin yatim piatu maka berdasarkan penjelasan ulama, maka itu boleh dilakukan. Namun dengan memperhatikan hal-hal yang maksiat dan tidak ada petunjuk Nabi Muhammad maka jangan dikerjakan.

Wallahu a'lam
Redaktur AqiqahJakarta.com


Tata Cara Akikah Sesuai Sunnah

Akikah Jakarta adalah penyedia jasa layanan akikah dengan jangkauan wilayah DKI Jakarta (Pusat, Selatan, Timur, Utara, Barat) termasuk Bogor, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan. Kami mulai beroperasi sejak bulan November tahun 2012, dan Alhamdulillah dengan izin Allah terus berjalan di sampai sekarang. Paket kami terdiri dari masakan kambing dan juga nasi box. Harga kambing matang antara Rp 1.000.000 (Paket Hebat) sampai Rp 2.100.000 (Paket Istimewa) dan paket nasi box adalah mulai dari Rp 9.000 per box. Anda membutuhkan jasa Kami tafadol menghubungi:

Pemesanan akikah Jakarta 0857-7669-7006 dan 0812-8389-2550

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.klik di sini kirim untuk kirim pesan WhatsApp


Tata Cara Akikah Sesuai Sunnah

Tags: rujukan, alquran dan sunnah, anak sholeh, amal ibadah, beribadah di atas dalil

Cetak