Jasa kambing aqiqah wilayah Jakarta. Daging empuk,rasa enak, memuaskan insya Allah

Doa Ketika Menyembelih Aqiqah dan Tatacara Aqiqah Anak

Pertanyaan:

Yang sudah ma'ruf mengenai aqiqah bahwa dia adalah hewan yang disembelih karena kelahiran anak ketika umurnya sudah tujuh hari. Pertanyaannya: Apakah yang diucapkan atau apakah doa yang diucapkan oleh yang diberikan anak, entah anaknya perempuan atau pria, ketika menyembelih aqiqah? Dan apakah disebutkan nama anak yang baru lahir tadi? Dan apakah dipersyaratkan menghadirkan anak yang baru lahir tadi ketika dilakukan penyembelihan? Saya membutuhkan jawaban yang terperinci bersama pendalilannya dengan dalil Al-Qur'an dan As-Sunnah..?

السؤال

المعروف عن العقيقة هو ما يذبح للمولود حديثاً عندما يصبح عمره أسبوعاً، السؤال هو: ماذا يقول أو ما هو الدعاء الذي يقوله المولود له (الأب أو الأم) سواء كان المولود بنتا أو ولد عند ذبح العقيقة، وهل تسمى العقيقة باسم المولود الجديد، وهل يشترط إحضار المولود عند ذبح عقيقته، فأرجو الإجابة المفصلة مع الاستدلال بالأدلة الشرعية؟

Jawaban:

Alhamdulillah washolatu wassalaam 'ala Rosulillah wa 'ala aalihi wa shohbihi. Amma ba'du. Disyariatkan ketika menyembelih aqiqah dari tasmiyah dan takbir. Dan ditambahkan ketika untuk aqiqah, "Hadzihi 'aqiqotu fulan" (*arti: ini aqiqahnya fulan). Dan pernyataan tersebut dengan dasar hadits yang diriwayatkan Al-Baihaqi dan selainnya, bahwasanya Rosulullah shollallahu 'alaihi wasallam: "Mengaqiqahkan Al-Hasan dan Al-Husain dengan dua ekor kambing pada hari ketujuh dan memerintahkan untuk membuang kotoran di kepalanya, kemudian mengatakan: "Sembelihlah dengan menyebutkan namanya dan ucapkannya "Bismillah Wallahu Akbar. Allahumma Laka Wa Ilaika Hadzihi 'Aqiqota Fulan".

Dan di riwayat Ibnu Abi Syaibah di Mushonnaf-nya: "Mengucapkan bismillah sebagaimana mengucapkan bismillah pada idul adha, lalu berkata: Bismillah aqiqah fulan".

Kami tidak mendapatkan doa khusus untuk si orangtuanya ketika menyembelih aqiqah, akan tetapi semestinya dia memuji Allah ta'ala dan wajib mensyukurinya atas apa yang diberikan kepadanya dan meminta kepada Allah agar memberkahi si anak dan menyampaikan dia ke usia dewasa dan diberikan birrul walidainnya.

Al-Hasan Al-Bashri mengajarkan seorang pria dengan ucapannya ketika memberikan ucapan selamat kepada temannya yang baru mendapat anak, lalu mengucapkan kepadanya: "Baarokallaahu laka fil mauhuub wa syakartal waahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrohu"

Adapun mengenai pertanyaanmu "apakah diucapkan bismillah", maka tidak jelas bagi kami, mungkin maksudnya adalah pengucapan ketika penyembelihan aqiqah: "Hadzihi 'aqiqotu fulan, atau, fulanah", maka ini sebagaimana yang sudah kami sebutkan disyariatkannya dan perintah untuk mengucapkan ini di hadits Al-Baihaqi. Dan tidak ada perbedaan terkait hal tersebut entah anaknya laki atau wanita. Dan tidak dipersyaratkan menghadirkan anak yang baru lahir tersebut ketika proses penyembelihan, akan tetapi seharusnya untuk menjauh dari apa-apa yang didalamnya ada menyelisihi perbuatan salaf. Dan tidak dinukilkan kepada Kami bahwasanya Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dan yang setelahnya melakukan hal tersebut (*Yakni: Menghadirkan anak yang diaqiqahkan ketika menyembelih aqiqah). Wallahu a'lam.

الإجابــة

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فيشرع عند ذبح العقيقة ما يشرع عند الذبح من التسمية والتكبير.. ويزاد عند العقيقة: هذه عقيقة فلان (المولود الذي عق عنه)، وذلك لما رواه البيهقي وغيره أن رسول الله صلى الله عليه وسلم: عق عن الحسن والحسين شاتين يوم السابع وأمر أن يماط عن رأسه الأذى وقال اذبحوا على اسمه وقولوا بسم الله والله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان.

وفي رواية لابن أبي شيبة في مصنفه: يسمي على العقيقة كما يسمي على الأضحية (فيقال): بسم الله عقيقة فلان.

ولم نقف على دعاء خاص بالمولود له عند ذبح العقيقة، ولكن ينبغي له أن يحمد الله تعالى ويشكره على ما وهب له، ويسأله أن يبارك له في المولود ويبلغه أشده ويرزقه بره..

فقد علم الحسن البصري رجلا دعاء يقوله عند تهنئة صاحبه بمولود فقال قل له: بارك الله لك في الموهوب وشكرت الواهب وبلغ أشده ورزقت بره.

وأما سؤالك وهل تسمى العقيقة... فلم يتضح لنا ولعل المقصود منه أن يقال عند ذبح العقيقة (هذه عقيقة فلان أو فلانة)، وهذا ما ذكرنا مشروعيته والأمر به في حديث البيهقي.. ولا فرق في ذلك بين الذكر والأنثى.

ولا يشترط إحضار المولود عند ذبح العقيقة بل ينبغي أن يتجنب لما فيه من مخالفة فعل السلف؛ فلم ينقل لنا أن النبي- صلى الله عليه وسلم ومن بعده فعلوا ذلك.

 والله أعلم.

رقم الفتوى: 114952

Judul: Doa Aqiqah Anak


Doa Ketika Menyembelih Aqiqah dan Tatacara Aqiqah Anak

Aqiqah Jakarta adalah penyedia jasa layanan aqiqah dengan jangkauan wilayah DKI Jakarta (Pusat, Selatan, Timur, Utara, Barat) termasuk Bogor, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan. Kami mulai beroperasi sejak bulan November tahun 2012, dan Alhamdulillah dengan izin Allah terus berjalan di sampai sekarang. Paket kami terdiri dari masakan kambing dan juga nasi box. Harga kambing matang antara Rp 1.000.000 (Paket Hebat) sampai Rp 2.100.000 (Paket Istimewa) dan paket nasi box adalah mulai dari Rp 9.000 per box. Anda mungkin membutuhkan jasa aqiqah tafadol bisa menghubungi:

Pemesanan Aqiqah Jakarta 0857-7669-7006 dan 0812-8389-2550

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tags: acara aqiqah, susunan acara, tatacara aqiqah, dua ekor kambing, doa aqiqah

Cetak E-mail

Testimonial Customer Aqiqah Jakarta

Alhamdulillah,pelayanan benar-benar memuaskan, walau saya hanya pesan lewat sms tetap dilayani, terima kasih atas bantuannya menyalurkan aqiqah saya.
testimonial jasa kambing layanan jakarta depok tangerang bekasi pamulang

Jaminan Aqiqah Jakarta

KAMI JAMIN setiap pemesanan akan disembelihkan untuknya KAMBING YANG BARU (bukan daging sisa, daging yang dijual di pasar, atau daging stok lama)

Dengan izin Allah usaha ini terus berjalan, silakan bagi yang membutuhkan aqiqah untuk langsung menghubungi kami...